Jumat, 14 Juni 2013

FILOSOFI LOGO ARSITEKTUR UIN


Logo diatas Secara umum terlihat seperti menggambarkan lambang perdamaian (peace)        
Lambang peace secara universal maknanya adalah perdamaian, dalam logo ini sendiri dimaknai sebagai solidaritas karena dengan solidaritas atau kebersamaan maka kita akan tetap damai.
Logo diatas juga sekilas terlihat seperti sebuah rumah atau bangunan yang merepresentasikan arsitektur itu sendiri. Terlihat dengan adanya bentuk menyerupai timpa’laja yg merupakan ciri atap rumah tinggal  bugis-makassar.
Arti warna:
Warna HIJAU DAUN          : pada timpa’laja pertama melambangkan Islam dan Lingkungan; senantiasa HMJ Arsitektur untuk   tetap berpegang teguh pada ajaran Islam serta menjaga dan melestarikan Lingkungan sekitar sebagai aplikasi dari ajaran Islam itu sendiri.
Warna HITAM          : pada timpa’laja kedua melambangkan Teknik, Misteri dan Pemberontakan; perpaduan Hijau dan Hitam; Arsitektur dan Islam akan menjadi sebuah misteri dengan ini manusia dengan akal fikirannya akan terus mencari tahu dan otomatis pengetahuannya tersebut akan terus berkembang pula, utamanya manusia akan lebih mengingat Allah SWT. Sedangkan pemberontakan dalam tanda kutip dimaknai bahwa mahasiswa adalah golongan intelektual yang memiliki paradigma berfikir Rasional, Analitis, Kritis, Universal dan Sistematis sehingga dari landasan berfikir tersebut diharapkan lahir ide-ide atau gagasan baru yang Inovatif.
Warna COKELAT   : pada segi empat melambangkan Tanah dan Bumi, artinya bahwa tanah adlah salah satu unsur penting dalam kehidupan manusia. Dan Bumi sebagai tempat berpijak dan terpenting  kita harus ingat bahwa bahan bangunan itu berasala dari alam agar kita selalu mensyukuri pemberian Tuhan.


Warna PUTIH           : pada tulisan HMJ melambangkan Kesucian dan Kebersihan, diharapkan himpunan ataupun mahasiswa untuk senantiasa menjaga kesucian lembaga (tetap pada idealisme) dan kesucian hati. Arsitektur harus bersih agar lebih menonjolkan estetika.

Gambar timpa’laja yang berwarna hijau menunjukan tiga arah yang melambangkan TRIDHARMA Perguruan tinggi yaitu:
  1. Penelitian
  2. Pengembangan
  3. Pengabdian Masyarakat.

Gambar timpa’laja yang berwarna hitam menunjukan tiga arah yang melambangkan tiga kecerdasan manusia yaitu:          Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), dan Kecerdasan Spiritual (SQ).

Gambar segi empat melambangkan 4 dimensi yaitu:
  1. Ke-Islaman
  2. Ke-Ilmuan
  3. Ke-Organisasian
  4. Ke-Mahasiswaan

Makna  huruf yang digunakan (Font)
Impact, pada tulisan Himpinan Mahasiswa Jurusan    : dalam kamus bahasa Inggris Impact berarti pengaruh yang kuat. HMJ ini akan memberikan pengaruh yang kuat baik terhadap jurusan, fakultas dan tingkat universitas.
Future Md BT,pada tulisan ARSITEKTUR          : dalam kamus bahasa Inggris Future berarti masa depan. Masa depan arsitektur akan cerah dan lebih modern mengikuti perkembangan zaman.
Kesimpulan makna huruf dari HMJ ARSITEKTUR       : di Masa kapanpun Arsitektur akan memiliki pengaruh atau peran yang sangat kuat bagi kelangsungan hidup manusia.    

Kesimpulan makna
Himpunan Mahasiswa Jurusan Arsitektur dengan berpegang teguh pada  ajaran Islam, menjalankan tridharma perguruan tinggi yang berlandaskan pada 4 dimensi maka arsitektur tak akan pernah mati dan akan selalu menjadi lembaga kemahasiswaan yang memberi pengaruh yang kuat.





Created by : Taufiq Alwi 05


3 komentar:

  1. Nice Blog Kanda, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. Mantap senior, semoga akan jdi lbih baik himpunan kedepannya

    BalasHapus
  3. Kepada Yth,
    Perusahaan Contractor & Supplier Pemerintah BUMN & Swasta
    Up : Pimpinan / Finance Dept
    Perihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Asuransi Tanpa Agunan ( Non Collateral )


    Dengan Hormat,

    Perkenalkan kami dari PT. AWAT MATA PUTRA (Insurance Brokerage) dimana perusahaan kami telah di tunjuk untuk memasarkan Bank Garansi, Surety Bond & Jaminan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana Akhir Tahun) dengan Sertifikat Agen Nomor : 01.210415.01.00.001433.0101 AAUI - SIUP Nomor : 812000694298. bahkan perusahaan kami telah di Back Up oleh Perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN. Bank Garansi & Surety Bond yang kami terbitkan diterima di instansi pemerintah, maupun Swasta, (BUMN, BUMD, KPS, PERTAMINA, VICO, CNOOC, MABES TNI, MABES POLRI, TOTAL E & P INDONESIA) Terlampir file penawaran penerbitan jaminan Bank Garansi & Asuransi Tanpa Agunan (Non Collateral) , Proses Cepat dan Biaya Kompetitif Murah serta polis jaminan kami Antar :


    Kami Juga Bisa Proses Jaminan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana Akhir Tahun Tanpa Colateral / Tanpa Agunan)



    Best Regards,
    LEO ALIF MAHENDRA


    Marketing
    085273029858
    PT. AWAT MATA PUTRA (ADM)
    Jl.Kalibata Selatan 1 No.19A, Kalibata Jakarta Selatan
    Telephone : (021) 21279926,21279945 (hunting)
    Faximile : (021) 21279442

    BalasHapus