Senin, 10 Juni 2013

Lintas Akbar Gn. Lompobattang - Gn. Bawakaraeng

PENDAHULUAN
     Gunung Lompo battang/Bawakaraeng adalah salah satu gunung yang terletak di Propinsi Sulawesi Selatan. Di mana gunung Lompbattang mempunyai ketinggian 2870 Meter dari permukaan laut (Mdpl), sedangkan Gunung Bawakaraeng dengan ketingiaan 2830 Mdpl. Menurut bahasa, Bahwa Lompo battang mempunyai arti perut besar sedangkan Bawakaraeng adalah Mulut raja. Ada pendapat yang menyatakan, bahwa lompobattang dan Bawakaraeng adalah gunung yang sepasang yang tidak bisa di pisahkan, di mana Bawakaraeng adalah Laki-lakinya, dan Lompobattang adalah wanitanya






















A.PEMBAHASAN
            1. Latar Belakang
Lintas Akbar dan Bersih Jalur III merupakan salah satu kegiatan yang menjadi agenda dari Badan Pengurus MAPALASTA yang diamanahkan kepada Angkatan Dikdas XIX  sebagai panitia pelaksana. Hal penting yang didapat dari kegiatan ini yakni sebagai syarat wajib sebelum pengambilan nomor anggota pecinta alam, dan tentunya akan menambah pengalaman anggota baru dalam dunia kepecinta alaman. Jumlah anggota yang ikut dalam kegiatan Lintas Akbar dan Bersih Jalur III ini  yang mempertemukan Puncak Lompobattang dan Puncak Bawakaraeng adalah 30 orang dengan perincian sepuluh orang angk. XIX, delapan orang angk. XVIII, tiga orang angk. XVII, tiga orang angk. XVI, dan seorang dari angk. X serta ada empat orang dari mapala luar yakni seorang dari Mapala Unasman dan tiga orang dari Korpspala

  1. Waktu dan Tempat
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu – Ahad, 7 – 11 November 2012 dari Desa Lembang Bune, Jeneponto menuju dusun Lembanna, Malino Kabupaten Gowa.

  1. Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan ini adalah anggota MAPALASTA yang mendapatkan mandat dari Badan Pengurus Mapalasta sebanyak 29 orang di tambah 1 orang pendamping. Nama-nama peserta sebagai berikut:
1.      Mohammad ilham(bekantan)                    Pendamping
2.      Afiev abdul rahman( kuda)                       Koordinator
3.      Adly aqsha (sapi)                                      instruktur
4.      Firman akbar ( biri biri)                             instruktur
5.      M. husnus (semut)                                     instruktur
6.      Wira puji astuti ( burung gelatik)              instruktur
7.      Ady suyanto (ayam kate)                          instruktur
8.      Syahrul (Tarsius)                                       instruktur
9.      Syahwal Rustam (Siamang)                      instruktur        
10.  Heriadi (Ikan Tuna)                                  instruktur
11.  Ismail (Pelanduk)                                      instruktur
12.   Muh. Tahir (Antelope)                             instruktur
13.  Junaedi (ikan tenggiri)                              panitia
14.  Achmad mauluddin ( burung onta)          panitia
15.  Muhammad kasem (ikan piranha) panitia
16.  Syahrul firdaus (ikan cupang)                   panitia
17.  Ahmad setyawan halim (kaki seribu)        panitia
18.  Muh junaedi haerul syah (surili)                panitia
19.  Mustaqim (kukang)                                   panitia
20.  Imran rosadi (ular sanca)                           panitia
21.  Muh.fadhil (sotong)                                  panitia
22.  Abdul zakur (ikan tawes)                          panitia
23.  Andi baso mandala (burung belibis)         panitia
24.  Syah munawar (ikan bawal)                      panitia
25.  Akbar bahar (tomcat)                                panitia
26.  Aswar anas (ikan arwana)                         panitia
27.  Agel (KPA Korpspala)                             peserta
28.  Aswan (KPA Korpspala)                          peserta
29.  Rizal (KPA Korpspala)                             peserta
30.  Beo (Mapala UNASMAN)                       peserta








B. DESKRIPSI PERJALANAN
Rabu, 7 November 2012
1.      Proses Pelepasan
 Tanggal 7 November 2012 tepat pada pukul 13.45 WITA acara pelepasan pun dimulai. Acara pelepasan dilakukan di lapangan Sekolah Dasar Aroppala. Acara pelepasan dimulai dengan pembukaan oleh MC yang selanjutnya pembacaan kalam ilahi oleh saudara Syah Munawar, setelah pembacaan kalam ilahi dilanjutkan dengan pembacaan kode etik pecinta alam oleh Junaedi yang kemudian diikuti oleh semua peserta pelepasan. Selanjutnya laporan ketua panitia oleh saudara Ahmad Setyawan Halim dan dilanjutkan dengan sambutan  Ketua Umum Mapalasta oleh Nurhidayat dan dilanjutkan dengan pelepasan oleh Dewan Kehormatan Samsir Salam, S.Ag. dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Muh. Fadil.
Sambil menunggu kendaraan, panitia dan senior berfoto sebagai dokumentasi pelepasan. Setelah beberapa menit menunggu akhirnya mobil yang akan ditumpangi tiba. Panitia pun mengangkut semua barang ke mobil dan semua peserta Lintas Akbar dan Bersih Jalur III naik ke kendaraan. Dan pada pukul 15.00 WITA mobil berangkat meninggalkan basecamp menuju Desa Lembang Bune.
Didalam perjalanan semua rombongan ada yang bercengkerama, bercanda, menikmati music, tertidur dan bernyanyi. Pada pukul 17.38 WITA rombongan beristirahat, sholat dan makan di samping Lapangan Passamaturukang Kab. Jeneponto. Setelah selesai, tepatnya pukul 18.15 WITA perjalanan pun dilanjutkan. Dengan kondisi jalan yang berliku dan menanjak rombongan tetap semangat, tak terasa rombongan pun tiba di Desa Lembang Bune pukul 20.18 WITA. Perjalan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju rumah warga pukul 21.25 WITA. Sesampainya di rumah warga panitia pun langsung menyiapkan hidangan malam sambil berbincang dengan pemilik rumah. Setelah menyantap hidangan satu persatu dari rombongan istirahat.




























Kamis, 8 November 2012
2.      Proses Pendakian Gunung Lompobattang
 Hari kamis pukul 05.15 WITA semua rombongan bangun dan panitia menyiapkan sarapan dan sebagian rombongan sholat dan packing barang. Setelah semua selesai binjas pun dilakukan pukul 07.30 – 07.50 WITA dan arahan serta doa dari senior. Pukul 08.00 WITA perjalan menuju puncak Lompobattang dilanjutkan. Didalam perjalanan, koordinator lintas pun memberikan arahan-arahan didalam perjalanan. Rombongan tiba di pos 1 pukul 08.10 WITA dan melanjutkan ke pos 2. Dalam perjalanan ke pos 2 panitia membersihkan jalur dari sampah-sampah plastik, sesampainya di pos 2 (1.798 mdpl) tepatnya pukul 08. 35 WITA rombongan pun beristirahat sejenak dan mengisi bevles  yang kosong, pukul 08.45 WITA perjalanan di lanjutkan menuju pos 3. Koordinator  tidak henti-hentinya mengingatkan rombongan untuk menjaga etika dalam perjalanan. Sesampaniya di pos 3 (2.045 mdpl) pukul 09.15 WITA rombongan singgah sejenak sambil mendokumentasikan dan membersihkan sampah yang berserakan. Perjalanan dilanjutkan ke pos selanjutnya, sesampainya di pos 4 (2.277 mdpl) pukul 10.00 WITA rombongan istirahat sambil membersihkan pos 4. Perjalanan dilanjutkan ke pos 5 dengan penuh semangat. Di pos 5 (2418 mdpl) 10.54 WITA sebagian rombongan mulai kelelahan akan tetapi koordinator  memberikan semangat kepada rombongan yang kelelahan. Tak terasa rombongan tiba di pos 6 (2564 mdpl) pukul 11.30 WITA, rombonganpun beristrahat sambil menikmati cemilan yang disediakan oleh ketua panitia. Sambil mendokumentasikan perjalanan, sebagaian rombongan memungut sampah-sampah yang berserakan dijalur tepatnya dipos 6. Setelah rasa lelah mulai hilang, staminapun agak pulih, rombonganpun melanjutkan perjalanan menuju pos selanjutnya. Sambil berjalan menuju pos selanjutnya, sebagian peserta menikmati perjalananya dengan memakan coki-coki dan gula merah untuk menambah stamina. Tepatnya pukul 12.25 WITA, rombongan tiba di pos 7 (2.701 mdpl), beristrahat sejenak sambil mendengarkan arahan dari kordinator bahwa medan menuju pos selanjutnya untuk berhati-hati, karena jalur agak sedikit curam. Para rombongan langsung melanjutkan perjalanan menuju ke pos 8 pukul 12.30 WITA. Rombonganpun tiba dipos 8 (2728 mdpl) pukul 13.15 WITA. Dan langsung dilanjutkan menuju pos 9. Rombongan tiba di pos 9 (2775 mdpl) tepatnya pukul 13.33 WITA.
 Sesampainya di pos 9, koordinatorpun membagi tugas kepada panitia. Panitiapun langsung mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh koordinator. Sebagian panitia memasang tenda, memasak, dan sebagiannya lagi mengambil air. Setelah semua tugas selesai dan hidangan makan siang telah siap, rombonganpun menyantap hidangan. Senjapun tiba, semua rombongan tak mau ketinggalan melihat indahnya matahari terbenam. Sang senjapun tergantikan dengan malam, para panitia sibuk membuat hidangan malam. Berselang beberapa menit, hidangan pun siap dan rombonganpun menyantap hidangan yang telah di sediakan oleh panitia. Tak terasa malam telah larut, koordinator membagi tugas kepada panitia sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan oleh koordinator. Panitia yang telah ditugaskan membuat api unggun dan berbincang-bincang dengan senior-senior.








Jum’at 9 November 2012
3.      Proses Penurunan Ke Lembah Kharisma
 Pada hari Jumat pukul 05.00 WITA rombongan dibangunkan oleh panitia yang telah bertugas malam itu, panitia pun langsung menyiapkan sarapan pagi. Pukul 07.00 WITA rombonganpun sarapan pagi, dan dilanjutkan dengan packing barang. Setelah packing selesai, semua panitia langsung membersihkan area camp dari sampah. Setelah bersih, koordinatorpun langsung menginstruksikan kepada rombongan agar membuat lingkaran untuk binjas. Tepatnya pukul 09.00 WITA, rombongan meninggalkan pos 9 menuju puncak lompobatttang. Tepatnya pukul 09.25 WITA, rombongan sampai dipuncak lompobattang (2.800 mdpl). Sesampainya dipuncak, semua rombongan langsung berfoto bersama di tranggulasi, perjalananpun dilanjutkan. Didalam prjalanan menuju lembah kharisma, kabut tebal mengurangi jarak pandang, sehingga koordinatorpun langsung menginfokan kepada rombongan agar tetap menjaga jarak. setelah melewati punggungan, jalur yang curampun kami lalui dengan penuh kehati-hatian. Pukul 11.49 WITA rombongan beristrahat sejenak sambil menyatap cemilan. Setelah beristrahat selama 30 menit, rombongan melanjutkan perjalananya menuju lembah charisma. Tepatnya pukul 14.13 WITA, rombongan sampai di lembah charisma(2.075 mdpl), panitiapun langsung mendirikan tenda, mengambil air, mencari kayu bakar serta memasak. Sambil menunggu makanan siang, para rombongan saling bercanda gurau sambil menikmati teh hangat. Beberapa ssat kemudian, hidanganpun siap untuk disantap, dan rombongan menyantapnya bersama. Senjapun tiba, panitiapun bergegas memasak untuk makan malam. Setelah malam tiba, panitia menyiapkan minuman hangat serta cemilan. Setelah cemilan selesai, hidangan makan malampun siap untuk disajikan. Para rombonganpun makan malam bersama. Setelah selesai, panitia yang telah ditugaskan oleh koordinator lengsung bertugas sesuai tugasnya masing-masing. Panitiapun menyalakan api unggun, sambil bernyayi dengan suara yang perlahan namun tetap ceria. Malam larutpun tiba sebagian rombonganpun tertidur. Panitia yang menjalankan tugas malamnya pun memasak untuk sarapan besok paginya. Setelah pukul 05.00 WITA, rombongan dibangunkan oleh panitia yang telah ditugaskan. Teh hangat pun telah menyambut pagi deengan penuh keceriaan. Hidangan sarapan pagi pun telah siap disajikan oleh panitia. Tepatnya pukul 07.00 WITA, rombongan pun sarapan bersama. Setelah sarapan selesai, semua panitia langsung packing. Setelah packing selesai, rombonganpun langsung membersihkan area camp dan dilanjutkan dengan pemanasan.



















Sabtu, 10 November 2012
4.      Proses Pendakian Ke Puncak Bawakaraeng
 Pada hari sabtu pukul 08.15, rombongan meninggalkan lembah charisma menuju gunung bawakaraeng. Didalam perjalanan menuju bawakaraeng, rombongan di guyur hujan sebelum samapi di pos 13. Sebagian rombongan yang membawa ponco langsung memakainya. Rombongan pun samapi di pos 13 pukul 10.15 WITA. Sesampai di pos 13, rombongan beristrahat sejenak kemudian dilanjutkan ke pos 12. Rombongan pun samapi di pos 12 pukul 12.25 WITA. Rombonganpun beristrahat sejenak sambil membersihkan sampah diarea pos. Setelah itu, rombongan pun melnjutkan perjalanan menuju puncak bawakaraeng. Dan tepatnya pukul 13.35 WITA, rombongan sampai di puncak bawakaraeng dan melanjutkan pemasangan tenda di pos 10. Panitia pun langsung memasang tenda, mengambil air dan mencari kayu bakar serta memasak. Setelah selesai m,emasak, rombongan pun langsung menyajikan hidangan. Rombonganpun langsung menyantap makan yang telah disajikan. Setelah selasai makan siang, rombongan pun istrahat sejenak. Sehubungan di pos 10, sumber air tidak ada, koordinatorpun langsung membuat tugas bagi panitia untuk mengambil air di pos 9. Panitia pun saling bergiliran mengambil air sesuai jadwalnya.
Setelah malam tiba, panitia menyiapkan makanan malam. Sambil menunggu makanan, panitia menyiapkan minuman hangat dan cemilan. Setelah makanan siap, panitia pun langsung menyajikan makanan. Rombongan pun langsung menyantapnya. Setelah selesai makan malam, sebagian rombonganpun langsung tidur. Pada pukul 05.00 WITA, para rombongan telah bangun. sajian sarapan pagipun telah siap, setelah pukul 07.30 WITA, rombongan pun sarapan pagi. Setelah selesai sarapan, semua rombongan langsung packing. Setelah selesai packing, panitiapun langsung membersihkan area camp. Setelah selesai, rombongan pun langsung pemanasan dan berdoa.





























Ahad, 11 November 2012
5.      Proses Penurunan Ke Lembanna
Hari minggu pukul 09.30 WITA, rombongan meninggalkan puncak bawakaraeng menuju pos 9. Sesampainya dipos 9 pukul 09.45 WITA panitiapun langsung mengambil air dan yang lainnya membersihkan area pos. Setelah semuanya selesai perjalanan dilanjutkan kepos selanjutnya, dalam perjalanan menuju pos 8 panitia memunguti sampah yang ada disekitar jalur. Pada pukul 10.40 WITA rombongan tiba dipos 8 (2439 mdpl) dan langsung membersihkan sampah yang banyak berserakan disekitar pos. Setelah pos 8 cukup bersih dan sampah yang dikumpulkan telah terbakar perjalanan menuju pos 7 dilanjutkan. Medan antara pos 8 dan pos 7 membuat rombongan kewalahan, setelah berjalan sekitar 70 menit akhirnya rombongan tiba dipos 7 (2562 mdpl). Rombongan istirahat dan berfoto-foto di pos 7 selama 15 menit dan perjalanan dilanjutkan. Pukul 12.10 WITA rombongan tiba di pos 6 (2375 mdpl) dan membersihkan sampah yang berserakan dan membakarnya. Setelah sampah habis terbakar, perjalanan dilanjutkan menuju pos 5. Pukul 12.40 WITA rombongan tiba dipos 5 (2185 mdpl) dan membersihkan area pos, setelah itu rombongan melanjutkan perjalanan menuju pos selanjutnya. Setibanya dipos 4 pukul 13.05 WITA, rombongan membersihkan area pos dan melanutkan kepos 3, rombongan tiba dipos 3 (1905 mdpl) pukul 13.25 WITA. Pukul 13.45 WITA rombongan tiba dipos 2 (1031 mdpl) dan melanjutkan perjalanan menuju pos 1, dan tiba dipos 1 pukul 14.15 WITA.
Pukul 14.35 WITA rombongan tiba di Lembanna, tepatnya di Posko SAR UNM. Sesampainya di posko panitia menyiapkan makan siang, setelah makan dilanjutkan dengan minum kopi hangat sambil menanti kedatangan mobil. Pukul 20.15 mobil yang ditunggu pun tiba, tidak menunggu lama bagi rombongan untuk naik ke mobil dikarenakan setiap rombongan tidak sabar untuk tiba di basecamp. Alhamdulillah rombongan pun tiba di Basecamp Mapalasta pukul 21.35 WITA dan disambut oleh Senior Budiman Sudjatmiko. Alhamdulillah . . .   Alhamdulillah . . . Alhamdulillah . . . Lintas Akbar dan Bersih Jalur III telah diselesaikan. Amin .
 .
C.PENUTUP
A.    Kesimpulan
Gunung Lompobattang dan Bawakaraeng merupakan dua gunung yang memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi, yang membutuhkan fisik dan mental untuk mendaki dua gunung ini.

B.     Saran
1.     Bagi yang ingin melakukan pendakian dua puncak agar dapat mempersiapkan perlengkapan yang sangat vital, yakni Sleeping Bag karena kondisi cuaca sangat dingin.
2.     Sangat diharapkan untuk menyiapkan fisik yang prima dan memperbanyak latihan fisik.
3.     Sangat diharapkan kepada seluruh pendaki untuk tidak membuang sampah saat digunung.

Dengan adanya Laporan Perjalanan Lintas Akbar dan Bersih Jalur ini, diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam merencanakan pendakian yang safety prosedur, sebab alam sifatnya menyimpan rahasia yang sampai sekarang belum terungkap.

Lestari alamku, jayalah bangsa dan tanah airku !
Wassalamu alaikum Wr. Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar